15 Januari 2008

Web dan Buku Ketapang Dibuat

Peternakan Terpadu Ketapang Diperkenalkan di Dunia Maya

*Sebuah Buku Perkembangan Ketapang Juga Dibuat

Takengon- Peternakan Terpadu Ketapang yang dimulai sejak tahun 2004 yang terletak di daerah Waq Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah dan merupakan daerah pengembalaan tradisional (Peruweren) sudah mulai menunjukkan hasil menggembirakan.

Hasil positip tersebut , kata Khalisuddin .S.Pt, Sabtu (12/1) , salah seorang pegawai Dinas Peternakan dan Perikanan , ditandai dengan sudah mulainya beranak puluhan ekor sapi. Dikatakan Khalissudin, saat ini 100 Kepala Keluarga dari 14 Kecamatan di Aceh Tengah telah menempati kawasan.

“Ketapang sudah menjadi sebuah komunitas baru peternakan moderen dan terpadu sesuai dengan keinginan Pemda”, sebut Khalisuddin. Secara bertahap, lanjut Khalis, perkembangan Ketapang tidak saja terlihat dari jumlah sapi yang terus bertambah, namun juga dari sektor pertaniannya sudah menjadi kawasan pertanian baru yang menanam berbagai jenis komoditi untuk keperluan peternak.

Di kawasan Ketapang juga terdapat sebuah Sekolah Dasar, Pusat Kesehatan Hewan dan sejumlah kebutuhan dasar lainnya. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan Peternakan Terpadu Ketapang, Pemda melalui Dinas Peternakan dan Perikanan juga sudah membuat sebuh blog khusus yang menunjukkan perkembangan Peternakan Terpadu Ketapang di dunia maya.

“Ide pembuatan blog khusus bagi Ketapang adalah upaya memperkenalkan Peternakan Ketapang ke dunia Internasional sebagai promosi potensi daerah. Selain itu untuk menunjang kemajuan Peternakan Ketapang dengan sumbang saran dari berbagai pihak agar Ketapang menjadi sebuah kawasan yang moderen dimasa depan”, sebut Khalis.

Dikatakan Khalis, masyarakat dapat melihat tentang Ketapang secara rinci di blog, voice-of-linge.blogspot.com. Dalam blog ini secara berkala semua perkembangan Peternakan Terpadu Ketapang akan diinformasikan secara lengkap.

Selain membuat blog, saat ini, lanjut Khalis, juga sedang dibuat sebuah buku tentang Ketapang yang nantinya diharap mampu menjadi media promosi Ketapang. Buku tersebut dilengkapi dengan gambar dan keterangan profile Ketapang.

Rencananya, sebut Khalis, buku Peternakan Terpadu Ketapang berjudul “Visiklopedia Peternakan Terpadu Ketapang”. Buku tersebut kini sedang dalam proses penyelesaian.

Seperti direncanakan bupati Aceh Tengah , Ir.H,Nasaruddin, MM, ungkap Khalis, Peternakan Terpadu Ketapang kedepannya nanti selain menjadi kawasan peternakan Moderen dan sumber pengadaan daging ternak, juga menjadi kawasan pertanian baru dan bahkan daerah Agrowisata karena berada dijalur jalan Negara Takengon-Gayo Lues (ashaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar