24 Januari 2008

Sepintas Kecamatan Linge



Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah memiliki luas wilayah mencapai 2.262,85 Km2 dan 27 % dari kecamatan terluas ini merupakan hutan negara dan hutan rakyat yang masih alami. Daerah ini merupakan daerah miskin dan tertinggal (marjinal) akan tetapi memiliki SDA yang cocok untuk pengembangan peternakan. Memiliki lahan terbuka cukup luas lebih kurang sekitar 2.000 ha.


Jenis tanah sesuai untuk ditanami hijauan makanan ternak. Lahan tersebut apabila dibiarkan akan berdampak kurang baik terhadap lingkungan (terjadi erosi, lahan yang ditumbuhi alang-alang berpotensi menimbulkan kebakaran hutan) dan tidak memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat sekitarnya.


Lahan di kawasan ini pada umumnya tingkat kesuburannya sangat rendah, sehingga kurang cocok untuk dikembangkan untuk tanaman hortikultura dan perkebunan. Akibatnya pertumbuhan penduduk sangat lambat dan banyaknya penduduk bermigrasi ke daerah yang lebih subur. Jumlah penduduk 5.650 jiwa dengan kapadatan penduduk rata-rata 4 jiwa/km. Penghasilan utama penduduk adalah bersawah dan beternak tradisional dan lebih besar persentasenya merupakan buruh ternak.


Model peternakan yang diterapkan masih tradisional tanpa sentuhan teknologi sama sekali. Ternak yang dipelihara dengan dilepas begitu saja dengan mengkonsumsi rumput alam. Pilihan program pengembangan peternakan dengan pola Village Breeding Center (VBC) sangat cocok diterapkan diwilayah ini. Juga didukung dengan sumber air cukup yang perlu dimanajemen baik dengan pembangunan irigasi maupun teknologi pengelolaan air lainnya.


Seiring dengan pengembangan agribisnis peternak, peluang berkembangnya agrowisata sangat potensial di kawasan ini. Situs-situs sejarah awal cerita kerajaan Linge dan kerajaan Aceh dapat ditemui dikawasan ini. Suguhan landscape dengan panorama yang luar biasa serta belahan sungai yang potensial untuk arung jeram bagi para pemula sangat mudah dijangkau. Persawahan yang dikelola dengan pola tradisional masih dapat disaksikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar