08 Januari 2009

Kolam Pemandian Air Panas Ditambah

Khalisuddin The Globe Journal

Bener Lampahan – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah pada February mendatang akan menambah satu lagi kolam pemandian air panas. Kolam tersebut di Bener Lampahan persis di sisi jalan Takengon-Bireun sekitar dari 2 km sebelum kolam pemandian Simpang Balik.
Pembangunan kolam pemandian ini didanai oleh BRR dengan rincian pemasangan pipa sepanjang 3,5 km, dua unit kolam, kamar ganti dan fasilitas lainnya. Pengelola lokasi pemandian air panas, Iklil (48), putra Tokoh perjuangan DI/TII Aceh, Alm. Tgk Ilyas Leube yang menjelaskan, tujuan pembangunan pemandian ini untuk menambah asset wisata Tanoh Gayo serta dalam usaha menciptakan lapangan kerja masyarakat sekitarnya.
”Kita berharap kehadiran kolam pemandian air panas ini dapat menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang ingin menikmati hangatnya air panas yang berkadar belerang dengan sumber Burni Telong,”kata Ikil kepada Theglobejournal, Selasa (6/1). Berbeda dengan pemandian di Simpang Balik yang berlokasi persis di pusat pasar, pemandian Bener Lampahan berdampingan langsung dengan asset sejarah berupa pabrik kopi milik Tgk Ilyas Leube yang dibangun pada tahun 1920.
”Pengunjung akan mendapat bonus dengan menikmati wisata sejarah disini nantinya,” papar Iklil berpromosi.
Lokasi kolam pemandian Bener Lampahan sangat strategis dengan hamparan lahan yang cukup luas sehingga para pengunjung nantinya dapat leluasa memarkir kenderaan.
”Dengan lahan yang memadai, kita optimis untuk pengembangan kedepan komplek wisata ini termasuk rehabilitasi pabrik kopi bertenaga air peninggalan ayah saya,” pungkas Iklil. (002).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar